Buruh Jawa Timur Berencana Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Pada 6 September

https://surabaya.suara.com/read/2022/09/05/114813/buruh-jawa-timur-berencana-demo-tolak-kenaikan-harga-bbm-pada-6-september

Kenaikan harga beberapa jenis BBM memunculkan berbagai reaksi publik, salah satunya adalah para buruh yang menolak kebijakan tersebut. Para buruh Jawa Timur akan menggelar aksi demo kembali di Surabaya pada Selasa (06/09/2022) esok.

Jazuli selaku Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, Jawa Timur akan ada beberapa elemen buruh dari Jawa Timur yang akan turut serta dalam aksi esok hari.

Hal utama yang ingin disuarakan para buruh adalah mengenai keberatan kenaikan harga BBM. Para buruh menuntut pemerintah Provinsi agar mengatur ulang kebijakan terkait Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) mengikuti kenaikan harga BBM.

Sebab, tidak mungkin jika BBM naik, namun besaran gaji para buruh tetap dan tidak ada perubahan.

“Naiknya harga BBM menjadi tuntutan utama kami, kemudian kami juga akan menuntut pemerintah untuk merevisi kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), karena tidak mungkin harga BBM naik tapi gaji buruh tidak naik. Tentu ini menjadi kewajiban Gubernur untuk melakukan evaluasi, terkait dengan kebijakan yang dikeluarkan,” papar Jazuli.

Kenaikan harga BBM ini sangat berdampak bagi buruh karena merasa diberatkan. Apalagi saat ini hanya minyak dunia sedang turun, tetapi BBM di Indonesia malah mengalami kenaikan.

Sebelumnya kelompok buruh Jawa Timur sudah menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Grahadi, Surabaya pada 31 Agustus 2022 lalu. Demo tersebut membawa tiga tuntutan, salah satunya penolakan kenaikan BBM.

Dalam aksi tersebut para buruh juga memaparkan bahwa kenaikan harga BBM akan mengakibatkan inflasi dan membuat daya beli masyarakat menurun. Tak hanya itu saja, kenaikan BBM juga berpotensi mengakibatkan PHK karena perusahaan tidak ingin biaya produksinya melonjak.

Sementara Jazuli berharap agar aksi yang digelar pada tanggal 6 September 2022 esok bisa direspon. Aksi demo ini rencananya akan diikuti oleh sekitar 500 buruh dari Jawa Timur yang dimulai pukul 12.00 WIB. Sementara titik kumpulnya sendiri adalah di Jalan Ahmad Yani, tepatnya di depan Royal Plaza, Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *