Budidaya buah melon di polybag

closethenews.com - 2022/05/27

Cara menanam melon di dalam vas konsepnya tidak jauh berlainan dengan menanam tumbuhan lain, di kapling besar maupun bukan. awal pastinya dengan menyiapkan perkakas serta materi yang diperlukan buat mendukung tindakan bercocok taruh melon kamu.

sebagian buah polybag dengan dimensi masing-masing 40×50 centimeter (dimensi tengah, ataupun 37×40 centimeter). tanah halaman rumah buat menanam melon jua mesti dikan serta dibersihkan dulu apabila tampak rumput garang, mana suka.  jua lanjaran ataupun ajir dari bambu yang esok hendak ditancapkan p terlihat alat taruh dengan berjarak 1,5 – 2 m. Paku dimensi 2 inch,  benang rapia, gunting, serta pisau pemotong.

 

PERSIAPAN BIBIT MELON

Belilah nutfah melon di warung tumbuhan, berlanjut rendam ke dalam air yang telah diberi fungisida sepanjang satu malam (ataupun dekat 12 jam). sesudah itu, tiriskan nutfah dalam surat kabar. seusainya, simpan nutfah dalam tempat yang gelap sepanjang 12 – 14 hari sampai bersemi ataupun berdaun 4 buat dipindahkan ke alat semai pada polybag.

guna alat semai, kamu sanggup buatnya dengan mengkombinasikan tanah serta pupuk kansertag dengan skala masing-masing 2:1 berlanjut dimasukkan langsung ke dalam polybag ataupun vas semai. Tuncapkan nutfah yang bersemi ke dalam alat semai itu, arahkan nutfah yang tajam menghala ke dasar. guyur dengan air 2 hari sekali biar tanah tidak kering. hindarkan dari paparan cahaya surya langsung.

 

PERENCANAAN SARANA TANAM

Media taruh melon berlainan dengan alat semai, jua tempatnya.  dulu polybag terkini, berlanjut bikinlah alat taruh yang terdiri dari formasi tanah, pupuk kansertag, arang sekam dengan masing-masing skala 1:2:3. Masukkan alat taruh yang telah dicampur ke dalam polybag, berlanjut tambahkan 5 gr Furaserta, 20 gr NPK, 1 liter humic acid, campur papar.

Tujuan dari pemakaian materi-bahan catatan itu yaitu buat menghindari tauge yang berkembang tidak menjalani kendala dari penyakit tumbuhan. Pupuk kansertag yang dikenakan jua sanggup diubah dengan Trichoderma serta Zat Pengatur berkembang (ZPT) organik dengan catatan ketiga bahan itu.

 

PENANAMAN BUAH MELON

Penanam dilakoni bila sari yang disemai telah tua dekat 2 – 3 minggu ketika pucuk telah menjangkau dimensi dekat 10 centimeter, berlanjut pindahkan ke alat perkembangan adalah polybag yang  disiapkan. saat sebelum dipindahtaruhkan, curah dulu alat taruh dengan air. Penanaman lebih positif dilaksanhendak pada ketika surya mulai teduh, sanggup pada pagi ataupun petang hari.

 

PEMASANGAN LANJARAN

lanjaran dipasang pada ketika tumbuhan melon telah merambat serta menyebar ataupun pada umur 5 – 8 hari sehabis era pangkal taruh, sekalian diatur arah rambatannya.

 

PEMANGKASAN SERTA SELEKSI BUAH MELON

Pemangkasan cawangan berniat buat menentukan akan buah yang akan dibesarkan. Pemangkasan dibilang berguna dilakoni lantaran sanggup mempengaruhi perkembangan serta fertilitas tumbuhan. Pemangkasan patut dilakoni tiap-tiap hari lantaran perkembangan melon amat segera dengan tujaun biar perkembangan cawangan belum sangat besar.

Calon buah yang sanggup diseleksi pada cawangan 7 – 12 serta diseleksi satu yang hendak dibesarkan, sebaliknya cawangan yang ada buat dilakoni pemangkasan. ataupun cawangan yang timbul dari ketiak daun kesatu hingga ke-8 dipotong, lalu daun ke-9 hingga daun ke-13 cawangan yang berkembang dilupakan serta dipelihara buat inseminasi. sesudah daun ke-13 tidak mesti lagi ada cawangan yang dipelihara sampai daun ke-17 batang dipotong.

PEMUPUKAN

Metode menanam melon dalam polybag sehabis mengerjakan pemangkasan cawangan ialah mengerjakan pemupukan. Pemupukan mengenakan pupuk bawah dari pupuk Mutiara 15 gram per polybag, dikasihkan pada kala menjejali perlengkapan taruh pada polybag.

Jalani pemupukan ekor dengan NPK 16: 16: 16 dan KNO3 dengan metode ditaburkan pada selingkaran tanaman maupun dicampur dahulu dengan air dan dikocorkan tanpa tentang tanaman. Pemupukan ekor dilakoni pada hari ke- 14( NPK), 24( NPK), 34( NPK), 44( NPK), serta 54( KNO3) hari sehabis taruh dengan takaran tiap- tiap 10 gr/ polybag, buat KNO3- nya 1g/ liter, 1 liter/ pot.

 

PENGAWASAN HAMA DAN PENYAKIT

Pengendalian hama mampu dilakoni dengan donasi insektisida ataupun membuang hama selaku tip dari bagian tanaman yang disampaipi. guna menjauhi serbuan penyakit sanggup

fungisida sistemik serta kontak yang dikasihkan selaku berselang- seling. Penggunaannya mampu ditambah dengan pemenempel sebagai energi rekat ke daun apabila tengah memasuki periode hujan.

 

PEMANENAN

Panen lazimnya dilakoni sehabis melon mulai bertelur, rata- rata pada umur 20 hari sehabis tanam, buah sudah mampu dipilih serta dipelihara sampai hari ke- 60 sehabis masa tnaam buat dipanen. Buah yang siap dipanen mempunyai identitas warna kulit yang mulai putih kekuningan, kulit buah putih bermotif kekuningan, pada tundun buah nampak cincin maupun kalangan retak- retak, serta terhirup aroma lezat dari melon. 

 

TAG

 

budidaya melon golden di polybag, budidaya melon dalam polybag pdf, analisa budidaya melon dalam polybag, cara menanam melon untuk pemula, cara menanam melon dari bijinya, cara menanam melon dari biji di polybag, cara menanam melon dan perawatannya, teknik budidaya melon terbaru, budidaya melon golden di polybag, umur tanaman melon, cara menanam melon di sawah, masa panen melon, menanam melon di polybag, tanaman buah melon, tumbuhan melon, cara menanam melon berbuah 3, budidaya melon, tanaman melon, tanam melon, cara menanam melon, pohon melon